Nama : ERNY RAHMAWATI
NPM : 52412546
Kelas : 3IA12
Game sederhana mencari 5 ekor kucing milik
seorang kakek menggunakan aplikasi RPG Maker VX, Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut :
·
Buka
aplikasi RPG Maker VX
·
Klik
Menu File à
New Project
·
Beri
Nama Folder untuk menyimpan File yg akan dibuat
· Buat
peta/denah dengan menggunakan Toolbar Map untuk menjalankan aktor atau pemain
dalam game tersebut
AKTOR 1
(Kakek)
1.
Klik
Toolbar Event dan letakkan pada peta yg telah dibuat (Bagian yg di klik adalah
tempat dimana aktor tersebut berada)
2.
Pada
Jendela New Event, Isikan nama untuk aktor tersebut pada kotak Name
3.
Setelah
itu Klik pada Graphic dan pilihlah karakter aktor yg diinginkan
4.
Klik
List Of Event Command à
Control Variables à
Isi Variablenya (object yg mau dicari/kucing) dan Isi Constant à Ok
5.
Klik
List Of Event Command à
Face Graphic à
Pilih Wajah aktor yg diinginkan dan ketiklah tulisan apa yg akan muncul apabila
aktor tersebut berhadapan oleh aktor lain
6.
Klik
List Of Event Command à
Control Switch à
Isi Control Switchnya (misalnya tugas)
7.
Klik
List Of Event Command à
Control Self Switch à
Ok
OBJECT
yg dicari (Kucing)
1.
Klik
pada bagian peta yg telah dibuat dimana akan diletakkannya si kucing
2.
Pada
Jendela New Event, Isikan nama untuk object tersebut pada kotak Name
3.
Pada
bagian Autonomous movement rubahlah typenya menjadi Random
4.
Klik
pada Graphic dan pilih object/gambar kucing
5.
Klik
pada Graphic dan pilih object/gambar kucing dengan posisi berbeda
6.
Klik
List Of Event Command à
Conditional Branch à
pastikan isinya adalah (tugas) seperti pada control switch aktor1(Kakek)
7.
Pada
List Of Event Command Klik dibagian bawah syntax Conditional Branch à Show Text à Pilih Wajah aktor lalu ketiklah
tulisan apa yg akan muncul apabila aktor utama (si pencari kucingcing)
menemukan seekor kucing
8.
Lalu
klik lg pada bagian bawahnya à Control Variable (pastikan variablenya
adalah kucing) à
isi Constant menjadi 1 à
rubah Operation menjadi Sub à Ok
9.
Lalu
klik lg pada bagian bawahnya à Control Self Switch à Ok
10. Setelah itu Klik kanan
pada object kucingnya à
Copy à Paste pada 4 bagian yg
berbeda
AKTOR 1
(Kakek)
1.
Klik
New Event Page à
Checklist pada Self Switch
2.
Klik
List Of Event Command à
Conditional Branch à
Pilih RadioButton Variable à Ok
3.
Pada
List Of Event Command Klik dibagian bawah syntax Conditional Branch à Show Text à Pilih Wajah aktor
(kakek) lalu ketiklah tulisan apa yg
akan muncul
4.
Lalu
Klik dibagian bawahnya à
Show Text à
ketiklah tulisan apa yg akan muncul à Rubah Background menjadi Dim Background à Posisi Middle
5.
Lalu
Klik dibagian bawahnya à
Change Gold à
Rubah Constant menjadi 1500 à Ok
6.
Lalu
Klik dibagian bawahnya à
Control Self Switch à
Klik Dropdown dan pilih B à Klik Ok
7.
Lalu
Klik dibagian bawah Else à
Conditional Branch à
Pilih Radiobutton Variable à rubah Constant menjadi 1 à Ok
8.
Klik
Bagian Graphic à
Pilih wajah aktor1 (Kakek)
9.
Klik
New Event Page à
Checklist pada Self Switch à Klik Dropdown dan pilih B
10. Klik Bagian Graphic à Pilih wajah aktor1
(Kakek)
11. Pada List Of Event
Command à Show Text à Pilih Wajah aktor
(kakek) lalu ketiklah tulisan apa yg
akan muncul
12. Klik pada Aktor (Kakek) à pada bagian Trigger
rubahlah menjadi Player Touch pada ketiga Event yg ada
13. Klik pada Object
(Kucing) à pada bagian Trigger
rubahlah menjadi Player Touch à Klik New Event Page à Checklist Self Timer à Ok
14. Lakukan hal yg sama pada
4 kucing yg lainnya
No comments:
Post a Comment