Saturday, June 13, 2015

TUTORIAL MEMBUAT GAME



Nama              : ERNY RAHMAWATI
NPM               : 52412546
Kelas              : 3IA12


Game sederhana mencari 5 ekor kucing milik seorang kakek menggunakan aplikasi RPG Maker VX, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
·        Buka aplikasi RPG Maker VX
·        Klik Menu File à New Project
·        Beri Nama Folder untuk menyimpan File yg akan dibuat
·    Buat peta/denah dengan menggunakan Toolbar Map untuk menjalankan aktor atau pemain dalam game tersebut

AKTOR 1 (Kakek)
1.            Klik Toolbar Event dan letakkan pada peta yg telah dibuat (Bagian yg di klik adalah tempat dimana aktor tersebut berada)
2.            Pada Jendela New Event, Isikan nama untuk aktor tersebut pada kotak Name
3.            Setelah itu Klik pada Graphic dan pilihlah karakter aktor yg diinginkan
4.            Klik List Of Event Command à Control Variables à Isi Variablenya (object yg mau dicari/kucing) dan Isi Constant à Ok
5.            Klik List Of Event Command à Face Graphic à Pilih Wajah aktor yg diinginkan dan ketiklah tulisan apa yg akan muncul apabila aktor tersebut berhadapan oleh aktor lain
6.            Klik List Of Event Command à Control Switch à Isi Control Switchnya (misalnya tugas)
7.            Klik List Of Event Command à Control Self Switch à Ok

OBJECT yg dicari (Kucing)
1.            Klik pada bagian peta yg telah dibuat dimana akan diletakkannya si kucing
2.            Pada Jendela New Event, Isikan nama untuk object tersebut pada kotak Name
3.            Pada bagian Autonomous movement rubahlah typenya menjadi Random
4.            Klik pada Graphic dan pilih object/gambar kucing
5.            Klik pada Graphic dan pilih object/gambar kucing dengan posisi berbeda
6.            Klik List Of Event Command à Conditional Branch à pastikan isinya adalah (tugas) seperti pada control switch aktor1(Kakek)
7.            Pada List Of Event Command Klik dibagian bawah syntax Conditional Branch à Show Text à Pilih Wajah aktor lalu ketiklah tulisan apa yg akan muncul apabila aktor utama (si pencari kucingcing) menemukan seekor kucing
8.            Lalu klik lg pada bagian bawahnya à Control Variable (pastikan variablenya adalah kucing) à isi Constant menjadi 1 à rubah Operation menjadi Sub à Ok
9.            Lalu klik lg pada bagian bawahnya à Control Self Switch à Ok
10.       Setelah itu Klik kanan pada object kucingnya à Copy à Paste pada 4 bagian yg berbeda

AKTOR 1 (Kakek)
1.          Klik New Event Page à Checklist pada Self Switch
2.          Klik List Of Event Command à Conditional Branch à Pilih RadioButton Variable à Ok
3.          Pada List Of Event Command Klik dibagian bawah syntax Conditional Branch à Show Text à Pilih Wajah aktor (kakek)  lalu ketiklah tulisan apa yg akan muncul
4.          Lalu Klik dibagian bawahnya à Show Text à ketiklah tulisan apa yg akan muncul à Rubah Background menjadi Dim Background à Posisi Middle
5.          Lalu Klik dibagian bawahnya à Change Gold à Rubah Constant menjadi 1500 à Ok
6.          Lalu Klik dibagian bawahnya à Control Self Switch à Klik Dropdown dan pilih B à Klik Ok
7.          Lalu Klik dibagian bawah Else à Conditional Branch à Pilih Radiobutton Variable à rubah Constant menjadi 1 à Ok
8.          Klik Bagian Graphic à Pilih wajah aktor1 (Kakek)
9.          Klik New Event Page à Checklist pada Self Switch à Klik Dropdown dan pilih B
10.     Klik Bagian Graphic à Pilih wajah aktor1 (Kakek)
11.     Pada List Of Event Command à Show Text à Pilih Wajah aktor (kakek)  lalu ketiklah tulisan apa yg akan muncul
12.     Klik pada Aktor (Kakek) à pada bagian Trigger rubahlah menjadi Player Touch pada ketiga Event yg ada
13.     Klik pada Object (Kucing) à pada bagian Trigger rubahlah menjadi Player Touch à Klik New Event Page à Checklist Self Timer à Ok
14.     Lakukan hal yg sama pada 4 kucing yg lainnya

No comments:

Post a Comment